APAKAH ITU KANKER PARU-PARU?

APAKAH ITU KANKER PARU-PARU?

 

  Kanker paru-paru terbagi atas 2 tipe utama:

  1. Kanker Paru-paru Non-Sel Kecil (NSCLC)

  NSCLC merupakan tipe paling umum dari kanker paru-paru, dan tidak seagresif dibandingkan dengan SCLC. NSCLC cenderung tumbuh dan menyebar lebih lambat. Bila didiagnosa secara dini, pembedahan dan/atau radioterapi, kemoterapi, dapat memberikan harapan akan kesembuhan.

  2. Kanker Paru-paru sel kecil (SCLC)

  SCLC merupakan kanker yang memiliki tingkat pertumbuhan pesat dan menyebar cepat ke pembuluh darah menuju anggota tubuh lainnya. Seringkali, kanker ini dikategorikan sebagai penyakit kompleks saat terdiagnosa. Kanker ini biasanya diobati melalui kemoterapi dan bukan melalui prosedur pembedahan.

  GEJALA-GEJALA

  Kanker paru-paru yang dini tidak menunjukkan gejala. Namun, seiring pertumbuhan kanker tersebut, beberapa gejala umumnya meliputi:

  1. Batuk yang memburuk dan tidak pernah sembuh

  2. Kesulitan bernafas, seperti kehabisan nafas / sesak nafas

  3. Sakit di dada secara konstan

  4. Batuk darah

  5. Suara yang serak

  6. Sering terkena infeksi paru, seperti pneumonia

  7. Merasa letih setiap saat

  8. Kehilangan berat badan tanpa sebab yang jelas

  Seringkali, gejala-gejala tersebut bukan dikarenakan kanker. Masalah kesehatan lainnya pun dapat menunjukkan gejala-gejala tersebut. Seseorang dengan gejala tersebut di atas sebaiknya segera menghubungi dokter untuk didiagnosa dan memperoleh perawatan sesegera mungkin.

  DIAGNOSA & PEMERIKSAAN

  Bila Anda memiliki gejala yang mengarah pada kanker paru-paru, dokter Anda harus menemukan apakah gejala tersebut berasal dari kanker, atau kondisi kesehatan lainnya. Anda kemungkinan diminta untuk melakukan tes darah dan mengikuti prosedur diagnosa sebagai berikut: Pemeriksaan fisik,X-ray dada,Computed Tomography (CT) Scan / Sken Komputerisasi Tomografik,Sitologi dahak,Thoracentesis,Bronkoskopi,Aspirasi jarum halus,Biopsi terbuka

  Apa saja gejala kanker paru?

  Gejala dari kanker paru sangat jelas dan memiliki dampak yang besar pada tubuh. Beberapa gejala meliputi batuk yang semakin memburuk, nyeri dada konstan, kesulitan bernapas, batuk darah, infeksi paru-paru, dan rasa lelah. Anda juga mungkin akan mengalami kehilangan darah yang berlebih tanpa alasan yang jelas. Jika kanker telah menyebar ke bagian tubuh lainnya (metastasis), akan terlihat beberapa tanda, seperti perubahan hormon.

  Bagaimana kanker paru mempengaruhi bagian tubuh lainnya?

  Bagaimana kanker paru dapat mempengaruhi tubuh Anda dapat dilihat dari gejala yang disebabkan oleh kanker.

  · Kanker paru cenderung menyebar ke kelenjar adrenal, hati, otak dan tulang.

  · Jika kanker paru menyebar ke otak, hal ini dapat menyebabkan gangguan penglihatan, kejang, atau rasa lemas.

  · Kanker paru metastatis yang menyebar ke hati atau kelenjar adrenal biasanya tidak menunjukkan gejala pada saat diagnosis.

  · Apabila kanker mempengaruhi tulang, dapat menyebabkan rasa sakit akut, terutama pada tulang paha, tulang belakang dan tulang rusuk.

  · Kanker paru menyebabkan batuk yang berlebihan. Tumor yang berkembang di dalam paru-paru menekan bronkus dan dada. Hal ini menyebabkan batuk parah, dan kadang pasien mengeluarkan banyak dahak bahkan disertai darah.

  · Penderita kanker dapat mengalami napas berbunyi jika tumor menutupi batang tenggorokan. Bagaimana kanker paru-paru mempengaruhi tubuh tergantung pada stadium dan kecepatan penyebaran kanker. Apabila tumor menekan dada, mungkin akan terasa sakit pada dada.

  Kanker paru-paru berperan besar dalam kematian akibat kanker dibanding dengan jenis kanker lainnya. Hal inilah mengapa penting untuk mengenal kanker paru-paru dan efeknya terhadap tubuh Anda. Lindungi kesehatan Anda – berhenti merokok dan memilih pola hidup sehat, serta lakukan pemeriksaan check up secara rutin meliputi; Rongent thoraks, USG, test darah,CT-scant,PET scant,MRI dll.

  Beberapa jenis kanker paru-paru;Small cell lung cancer, adenocarcinoma, Squamous cell carcinoma, Large cell carcinoma.

  Ahli Oncologi Tim Medis MDT dari St.Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou menyarankan deteksi dini, diagnosis dini pencegahan dan pengobatan kanker untuk kanker paru-paru adalah faktor yang paling penting dan sangat efektif. Dan untuk pasien kanker , kemoterapi bukanlah satu-satunya pilihan pengobatan, perkembangan internasional Medis lebih maju terdapat teknologi lebih canggih yaitu Terapi Minimal Invasif diantaranya;

  1. Nano knife adalah Terapi dalam proses pengobatan tumor atau kanker yang terletak di dekat pembuluh darah besar, saluran empedu, saluran pankreas, pembuluh darah portal dan lain-lain yang tidak dapat ditangani dengan pembedahan atau ablasi konvensional , dan pada kasus kanker prostat atau kanker yang terletak di dekat vertebral, operasi pembedahan dapat menyebabkan kerusakan saraf, menyebabkan kelumpuhan, gangguan fungsi organ dan lain-lain. Tetapi kelebihan dari Terapi Nanoknife tidak menimbulkan kerusakan pada saluran atau saraf, dapat disimpulkan bahwa Nanoknife aman dan efektif diterapkan pada kasus-kasus sulit yang disebutkan di atas, dan pada jenis-jenis kanker tersebut, metode ini belum dapat digantikan oleh metode yang lainnya.

  2. Terapi Genetik Bertarget adalah pengobatan yang dilakukan setelah menentukan tempat yang menjadi penyebab kanker secara tepat ( tempat ini dapat berupa molekul protein dalam sel tumor, dan juga dapat berupa bagian dari gen ), lalu dirancang obat yang efektif untuk pengobatan jenis tumor tersebut, setelah obat masuk ke dalam tubuh akan secara otomatis memilih tempat yang menjadi penyebab kanker dan membunuh sel tumor, tanpa merusak atau mempengaruhi jaringan normal sekitar tumor.

  3. Immunoterapi ,yaitu terapi meningkatkan kekebalan tubuh,dengan cara mengambil darah dari tubuh pasien sendiri, kemudian sel antikanker antibody dalam sel darah dipisahkan dan dikembangbiakkan di laboratorium selama 10 hari. Kemudian di masukkan kembali ke tubuh pasien melalui infuse intervena. Sel antikanker antibody bekerja dalam tubuh selain membunuh sel kanker juga merangsang sistem kekebalan tubuh untuk memproduksi lebih banyak lagi sel-sel antikanker antibody dalam tubuh. Hal ini sangat efektif untuk mencegah kekambuhan dan menekan tumor supaya tidak metastasis.

  4. Metode Terapi Intervensi (kemo lokal),yaitu, melalui kateter kecil obat dibungkus dalam lesi pusat lokal tumor. Keistimewaannya yaitu, minimalis efek samping obat karena tidak melalui pembuluh darah intravena keseluruh organ tubuh. Dengan panduan CT-scant obat dihantar di masukkan ke pusat lesi tumor, dengan demikian konsentrasi obat bekerja di dalam tumor lebih efektif 8 kali lipat

  5. Dan 18 Methode Terapi lainnya di St.Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou dapat membantu pasien menghindari operasi , efek samping minim kemoterapi, radioterapi, mendapatkan hasil yang efektif dengan trauma luka kecil hanya 2 mm (millimeter) hasil pengobatan lebih baik daripada surgery ,bersifat jangka panjang mencegah kekambuhan dan meningkatkan kualitas kelangsungan hidup


Comments are closed.