Gejala Yang Tampak Pada Penderita Kanker Paru-Paru

Dengan kesadaran yang penuh bahwa kanker paru merupakan salah satu masalah besar di dunia dan inisiatif baru diperlukan untuk mengurangi risiko kanker secara keseluruhan, dapat dimengerti mengapa banyak orang (apakah mereka telah atau belum merokok) yang semakin khawatir tentang penyakit ini.

Gejala yang tampak dari kanker paru sangat sulit dilihat meskipun dengan berbagai cara. Sehingga untuk mata yang tak terlatih, sangatlah mungkin untuk tidak mengetahuinya atau bahkan malah mengira itu sebagai sesuatu yang lain sama sekali.

Kita tahu dari kemajuan medis bahwa dari semua jenis kanker, Kanker Paru membawa kemungkinan jauh lebih besar untuk pemulihan jika terdeteksi dan didiagnosis pada tahap awal. Inilah mengapa sangat penting untuk menyadari gejala-gejala yang berhubungan dengan kanker paru sedini mungkin sebelum penyakit berkembang.

Statistik terbaru menunjukkan bahwa orang-orang penderita yang mengidentifikasi dan mencari pengobatan yang tepat pada tahap awal, dapat memiliki tingkat kesembuhan antara 60-80%, sedangkan angka menurun drastis menjadi sekitar 10% bagi mereka yang didiagnosis di tahap akhir. Maka dari itu, penting untuk mengidentifikasi gejala kanker paru-paru sesegera mungkin.

Berikut adalah gejala-gejala awal kanker paru:

Batuk – Batuk adalah salah satu tanda-tanda utama dari kanker paru-paru awal, walaupun batuk sangat umum terjadi dan bisa disebabkan oleh banyak kondisi lain misalnya karena dingin, iritasi,  alergi, dan pilek. Namun kondisi batuk yang serius biasanya tanda kanker paru-paru. Sangat disarankan untuk selalu waspada apabila terjadi batuk yang lama dan tidak sembuh..

Sesak napas atau Kelesuan – gejala awal dari kanker paru adalah sering terjadinya sesak napas ketika melakukan kegiatan yang Anda walaupun kegiatan itu tidak berat. Bahkan pekerjaan rumah tangga normal seperti menyapu atau membersihkan jendela dapat menyebabkan anda sesak napas dan kesulitan untuk mendapatkan udara. Hal ini dapat menjadi tanda kanker paru apalagi bila ditambah dengan perasaan lesu. Kelelahan sepanjang hari dapat dijelaskan oleh sejumlah faktor lain seperti usia atau aktivitas fisik, tetapi perlu diingat bahwa ini merupakan tanda tahap awal dan layak diperhatikan.

Sakit atau nyeri seluruh tubuh bagian atas Anda – Ini adalah gejala yang lebih spesifik untuk kanker paru-paru dan dapat membantu Anda untuk mengidentifikasi masalah sejak dini. Saat kanker paru-paru berkembang mereka dapat menyebabkan nyeri pada saraf di sekitar daerah terinfeksi. Hal ini dapat mengakibatkan nyeri melalui dada, punggung, bahu atau lengan. Mungkin, tentu saja, nyeri otot bisa juga menyebabkan sakit itu, tapi ingat bahwa jika tidak mereda dalam satu atau dua hari, ada baiknya menghubungi dokter atau tenaga  medis  Anda.

Penjelasan diatas belum meliputi seluruh spektrum gejala kanker paru-paru awal tetapi telah memberikan gambaran dari beberapa gejala yang lebih umum yang dapat hadir pada tahap awal penyakit kanker paru-paru. Perlu diingat bahwa sangat penting untuk memastikan segala gejala tersebut dikonsultasikan kepada praktisi medis atau dokter yang berpengalaman sehingga dapat memberikan diagnosa yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>