Mengapa Kanker Bisa Metastasis Dan Bagaimana Pengobatan Kanker Stadium Lanjut?

Mengapa Kanker Bisa Metastasis Dan Bagaimana Pengobatan Kanker Stadium Lanjut?

  Metastasis adalah penyebaran kanker dari suatu organ ke organ tubuh lain seperti ke otak, tulang, paru-paru atau hati. Sel kanker dapat melepaskan diri dari tumor primer, masuk ke aliran darah, ikut bersirkulasi dalam aliran darah dan tumbuh di jaringan normal yang jauh dari tumor asalnya.Sel-sel kanker bisa memisahkan diri dari ‘induk’ tumornya (kanker primer atau primary tumor) dan  menyebar ke bagian tubuh lainnya melalui sirkulasi cairan limfatik atau sirkulasi darah(kanker sekunder).

  •   Melalui sirkulasi limfatik (sistem sirkulasi getah bening): Sel kanker bisa masuk ke sistem sirkulasi limfatik dan berjalan melalui pembuluh limfatik yang kemudian membentuk tumor (metastasis kanker) di bagian organ lain di dalam tubuh.
  •   Melalui sirkulasi darah: Sel kanker bisa masuk ke sistem sirkulasi darah dan berjalan melalui pembuluh darah yang kemudian membentuk kanker (metastasis kanker) di bagianorgan lain di dalam tubuh.

  Berikut adalah Jenis Kanker metastasis yang sering terjadi:

  Jenis kanker: ——————Organ metastasis:

  Kandung kencing———————– Tulang, hati, paru-paru.

  Payudara——————————— Tulang, otak, hati, paru-paru

  Usus ————————————–Hati, paru-paru, peritoneum (selaput rongga perut)

  Ginjal ————————————-Kelenjar Adrenal, tulang, otak, hati, paru-paru.

  Paru-paru ——————————–Kelenjar Adrenal, tulang, otak, hati, paru-paru lainnya.

  Melanoma——————————– Tulang, otak, hati, paru-paru, kulit/otot.

  Ovarium———————————- Hati, paru-paru, peritoneum.

  Pankreas ———————————-Hati, paru-paru, peritoneum.

  Prostat ————————————Kelenjar Adrenal, tulang, hati, paru-paru.

  Lambung ———————————Hati, paru-paru, peritoneum.

  Kelenjar Gondok ————————-Tulang, hati, paru-paru.

  Rahim ————————————-Tulang, hati, paru-paru, peritoneum, vagina.

  Angiogenesis, mikrometastasis merangsang pertumbuhan pembuluh-pembuluh darah baru untuk mendapatkan pasokan darah. Pasokan darah dibutuhkan untuk mendapatkan oksigen dan zat nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tumor. Beberapa penderita dengan metastasis tumor tidak memberikan gejala. Metastasis ini diketahui melalui pemeriksaan sinar-x ,CT scant,MRI, sdb.

  Bila terdapat gejala dari metastasis kanker, maka hal ini tergantung dari ukuran dan lokasi dari metastasis. Misalnya:

  1. Kanker yang menyebar ke tulang menyebabkan rasa nyeri dan dapat terjadi patah tulang;
  2. Kanker yang menyebar ke otak dapat menyebabkan variasi gejala termasuk nyeri kepala dan kejang;
  3. Metastasis paru-paru dapat memberikan gejala nafas pendek;
  4. Metastasis ke hati akan memberikan gejala pembengkakan perut atau warna kulit menjadi kuning (jaundice).

   St.Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou saat ini memiliki metode pengobatan Minimal Invasif kanker paru seperti Metode Intervensi, Metode Photodynamic, Metode Cryosurgery dan sebagainya. Demi memenuhi kebutuhan rawat inap pasien dari luar negeri, serta menciptakan lingkungan tempat tinggal yang hangat dan nyaman bagi mereka, St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou senantiasa mempertahankan prinsip “Mengutamakan Kebutuhan pasien di atas segalanya”Keistimewaan dari Metode Minimal Invasif di St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou Untuk Mengobati Jenis -Jenis Kanker Stadium Lanjut,Beberapa Metode Pengobatan Kanker ,sebagai berikut;

  1. Intervensi : Luka Hanya 1-2mm, Akurat Membunuh Sel Kanker

  Intervensi dilakukan di bawah panduan alat DSA, hanya membutuhkan luka bedah 1-2mm, kemudian dilakukan tusukan dan pemasukkan kateter khusus, kawat pemandu dan alat canggih lainnya langsung ke dalam tubuh. Kemudian dokter akan memasukkan obat anti kanker ke dalam tumor untuk membunuh sel-sel kanker dan menyumbat pembuluh darah pemasok nutrisi ke kanker. Dengan terputusnya pasokan nutrisi ke kanker, hal ini membuat sel kanker “mati kelaparan”.

  2. Penanaman Biji Partikel : Radioterapi Lokal, Akurat Menghancurkan Jaringan Tumor

  Kelebihan Penanaman Biji Partikel : Efektif memancarkan sinar terpusat di dalam tumor tanpa merusak jaringan-jaringan normal; radiasi berlangsung hingga 180 hari, efektif membunuh sel tumor; luka kecil; minim efek samping dan tanpa komplikasi.

  3. Cryosurgery : Luka Kecil, Minim Komplikasi, Mencegah Kekambuhan

  Proses Cryosurgery dilakukan tanpa operasi, namun hasil yang didapat setara dengan tindakan operasi. Selain itu, metode ini dapat menurunkan risiko operasi dan komplikasi, dapat memantau proses, memberikan hasil pengobatan yang baik, serta tidak ada kondisi batasan anestesi. Saat ini metode tersebut telah berhasil diterapkan pada banyak pasien kanker paru, serta membuahkan hasil yang efektif.

  4.  Microcatheter Superselection

  Microcatheter Superselection, adalah metode pengobatan Intervensi yang akurat. Dalam melakukan pengobatan terhadap pasien, dengan menggunakan micro kateter yang dialirkan ke tumor melalui setiap pembuluh darah arteri, satu tumor dengan satu pembuluh arteri, lalu obat perfusi sampai ke bagian tumor, dengan begitu dapat meningkatkan konsentrasi obat di dalam tumor, menjamin tumor menyerap obat secara menyeluruh dan melalui pembuluh darah arteri mengalami embolisasi yang akurat. Dibandingkan dengan metode pengobatan Intervensi biasa, Microcatheter Superselection lebih akurat, mengobati secara lebih tuntas, memiliki efektifitas pengobatan lebih tinggi, serta dapat membuat tumor “keracunan” dan “mati kelaparan”.

  Keunggulan Microcatheter Superselection

  1. Akurat : Penetrasi obat melalui pembuluh darah arteri sampai ke setiap tumor

  2. Efektif : Konsentrasi obat 16 kali lebih tinggi daripada kemoterapi intravena

  3. Aman : Tidak merusak jaringan organ sekitar tumor, lebih sedikit komplikasi pasca operasi

  4. Melindungi : Tumor tidak mudah kambuh dan menyebar


Comments are closed.