Penanganan Yang Tepat Dapat Meningkatkan Harapan Hidup Penderita Kanker Paru-Paru

Penanganan Yang Tepat Dapat Meningkatkan Harapan Hidup Penderita Kanker Paru-Paru

 

     Jenis Kanker Paru-paru

  Dua jenis kanker paru-paru primer berdasarkan jenis selnya, yaitu kanker paru-paru sel kecil (small-cell lung cancer/SCLC) dan kanker paru-paru non-sel kecil (non-small-cell lung cancer/NSCLC). Kanker paru-paru non-sel kecil berpeluang empat kali lebih sering terjadi dibandingkan dengan kanker paru-paru sel kecil.Kanker paru-paru sel kecil (SCLC) biasanya hanya menimpa para perokok berat dan penyebarannya lebih cepat dibandingkan dengan kanker paru-paru non-sel kecil (NSCLC).

  Merokok bisa dikatakan sebagai penyebab utama kanker paru-paru. Orang yang paling berisiko terkena kanker paru-paru adalah perokok aktif. Sekitar 85 persen kanker paru-paru dikaitkan dengan kebiasaan merokok. Selain rokok, beberapa penyebab kanker paru-paru lain adalah menghirup arsenik, radiasi, dan polusi udara. Kanker paru-paru juga lebih umum terjadi pada orang yang sudah lanjut usia.

  Faktor Penyebab Kanker Paru

  Kebanyakan kanker paru-paru disebabkan oleh merokok (90%) dan ini termasuk perokok aktif maupun pasif. Asap rokok tembakau mengandung lebih dari 4000 senyawa kimia yang telah terindentifikasi menyebabkan kanker paru-paru.

  Penyebab lain selain rokok yang memicu terjadinya kanker paru-paru termasuk polusi udara dari kendaraan dan pabrik, paparan terhadap asbes dan menderita penyakit paru-paru, seperti TBC dan penyakit paru-paru kronis. Paparan lingkungan  terhadap arsenik, kromium, nikel, hidrokarbon aromatik dan faktor lainnya juga meningkatkan resiko terkena kanker paru-paru.

  Pengobatan Kanker paru dengan Konventional yaitu; Radioterapi dan kemoterapi: pra operasi radioterapi / kemoterapi dapat membuat lesi menyusut, meningkatkan efek operasi. Pascaoperasi radioterapi / kemoterapi untuk membunuh sisa lesi dan mengurangi kekambuhan dan metastasis. Untuk pasien dengan kanker paru stadium lanjut, kemoterapi dapat digunakan sebagai pengobatan paliatif, meningkatkan kualitas hidup pasien dan memperpanjang waktu hidup. Namun efek samping , radioterapi dan kemoterapi pada pasien biasanya merasakan rasa mual, muntah dan ranbut rontok dsb,serta efek samping lainnya.

  Dibandingkan dengan Metode Minimal Invasif  keunggulan dari Terapi yang ditargetkan,diantaranya:

  1.  Terapi bertarget molekuler

    adalah metode baru pengobatan yang  telah terbukti efektif, sesuai dengan bagian yang berbeda dari tumor, ditargetkan obat antikanker untuk membunuh sel kanker dan dengan demikian berfungsi efektif dalam lesi kanker, tanpa dampak pada jaringan normal. Dibandingkan dengan kemoterapi tradisional, terapi bertarget lebih sedikit efek sampingnya.

  2.  Terapi intervensi

    : mengacu pada paparan lesi tidak terjadi operasi, pembuluh darah, kulit, beberapa milimeter dengan diameter jarum untuk membuat saluran kecil atau pipa halus , dibawah panduan teknologi canggih menggunakan (angiografi, fluoroscopy, CT, MR , USG) pengobatan lokal untuk lesi kanker dengan traumatik minimaltanpa mempengaruhi sel sehat dan tidak berdampak ke seluruh tubuh. Terapi intervensi dengan luka kecilmilimeter, sederhana, aman, efektif, komplikasi lebih sedikit dan waktu tinggal di rumah sakit lebih pendek.

  3. Terapi Photodynamic

    : terapi Photodynamic adalah penggunaan photosensitizers dan laser yang efisien menghancurkan sel-sel kanker, adalah terapi noninvasif. Terapi ini benar-benar berbeda dari pengobatan conventional seperti operasi, radioterapi, kemoterapi 

 St.Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou saat ini memiliki metode Minimal Invasif pengobatan kanker paru seperti terapi intervensi dan terapi photodynamic. Demi memenuhi kebutuhan rawat inap pasien asing, serta menciptakan lingkungan tinggal yang hangat dan nyaman bagi mereka, St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou senantiasa mempertahankan prinsip “Kebutuhan pasien di atas segalanya”, menyediakan layanan ala pelayan rumah tangga, mengatasi berbagai masalah yang dialami pasien yang tinggal di rumah sakit. RS menciptakan lebih dari 60 value-added service yang sangat user-friendly, meliputi kebutuhan dasar (pakaian, makanan, tempat tinggal, transportasi), kesehatan, bahasa, hiburan, wisata, perayaan hari besar, tradisi, keyakinan agama dan aspek lainnya, juga dilengkapi dengan penerjemah bahasa Inggris, bahasa Indonesia, bahasa Thailand, bahasa Arab, bahasa Melayu, bahasa Vietnam, serta belasan bahasa lainnya yang tersedia 24 jam sehingga pasien asing tidak mengalami kendala komunikasi selama menjalani perawatan di RS.

DiSt.Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou telah dibentuk tim ahli MDT, yaitu terdiri dari tim medis (melibatkan beberapa ahli spesialis bidang lain selain Onkologi, khusus untuk pasien dengan kanker paru mengembangkan rencana perawatan yang komprehensif.


Comments are closed.